Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Arif Berutang Melalui Program Utang Online

Kehadiran acara utang online (pinjol) misalnya pisau bermata 2. Bila digunakan menggunakan arif, akan bermanfaat. Bila nir arif, mampu-sanggup justru menangkap.

Riset INDEF & Federasi Fintech Indonesia 2019, memperlihatkan kontributor pinjol atau dalam istilah ekonominya Financial Technologi Peer to Peer Lending pada pengurangan nomor  kemiskinan sejumlah 177 ribu orang dan kurangi tertimpangan (Rasio Begini) sebanyak 0,01.

Ketua Satuan tugas Siaga Investasi (SWI), Tongam Lumban Tobing, berkata kurang dari 164 acara pinjol yang sudah tercatat di OJK per Desember 2019.

"Jumlah itu layani 17 juta lebih nasabah menggunakan dana yg diteruskan capai sejumlah Rp 12 triliun. Aktivitas fintech lending ini benar-sahih berguna pada rakyat," katanya ketika dikontak, Jumat (10/1).

Namun pada satu segi, beberapa ribu nasabah akui jadi korban acara pinjol. Mereka terlilit hutang & memiliki potensi nir berhasil bayar. Bukan hanya itu, nasabah akui diancam, diteror, & dipersekusi sang penagih hutang.

Lantas bagaimanakah supaya masyarakat dapat manfaatkan pinjol, tetapi bebas berdasarkan jeratan hutang yg mencekik?

Berikut panduan yang dikatakan Direktur Peraturan & Suport Penyelidikan pada Kewenangan Layanan Keuangan itu ketika SWI lakukan publikasi dan edukasi ke rakyat.

Pinjamlah ke program pinjol yang telah tercatat

Pinjam pada acara pinjol yg telah tercatat atau legal termasuk semakin kondusif lantaran pelaksana terlilit Ketentuan OJK Nomor 77 tahun 2016.

Disamping itu, acara pinjol sah telah tercatat sebagai anggota Federasi Fintech Permodalan Bersama Indonesia (AFPI), organisasi yg dipantau OJK. Program pinjol anggota AFPI terlilit kaidah. Kaidah itu diantaranya mengendalikan besaran bunga, denda , dan ongkos yg keseluruhannya jangan lebih menurut 0,8 %. Bila terjadi pelanggaran, SWI & AFPI makin lebih mudah mengaplikasikan ancaman. Data acara pinjol yang tercatat atau legal bisa dilihat pada www.Ojk.Go.Id.

4 Langkah Arif Berutang Melalui Program Utang Online (1)

Pinjam sinkron keperluan dan kekuatan bayar

"Tidak boleh pinjam, bila tidak mampu membayar & nir boleh pinjam buat tutup utang lama  , keduk lubang tutup lubang," tutur Tongam. Cara tadi malah menciptakan hutang makin membesar.

Pakai dana utang buat aktivitas produktif

Hingga bermanfaat & memberi imbas tingkatkan ekonomi.

Ketahui risiko, ongkos, dan kewajiban-kewajibannya

Bila ingin pinjam uang pada pinjol, ketahui resiko, ongkos, & kewajiban yang lain. "Tidak boleh selesainya pinjam, menyesal," tambah Tongam.

Harus dikenang juga, pinjol sah cuman bisa terhubung 3 hal dalam telephone pegang nasabah, yaitu posisi, audio, dan camera. Sementara yang ilegal, umumnya minta akses ke contact dan data di telephone pegang nasabah. Ini seluruh dipakai menjadi alat gertakan di waktu nasabah nir bisa bayar.

4 Langkah Arif Berutang Melalui Program Utang Online (2)

Contoh utang online. Photo: Iqbal Firdaus/kumparan

Warga yang berasa dirugikan, baik oleh acara pinjol sah atau ilegal, bisa mengadu ke OJK menggunakan mengontak Contact OJK 157, e-mail ke customer@ojk.Go.Id atau cermatinvestasi@ojk.Go.Id.

Post a Comment for "4 Langkah Arif Berutang Melalui Program Utang Online"